Tips Cara Menanam Buah Pepaya

Tips Cara Menanam Buah Pepaya

Tips Cara Menanam Buah Pepaya

Cara menanam buah papaya

Cara menanam buah papaya sangatlah mudah, apalagi wilayah Indonesia sangatlah cocok untuk budidaya papaya. Papaya bisa tumbuh subur di daerah dengan ketinggian antara 200-500 mdpl.

Sebagai syarat tumbuh, wilayah tanam harus memiliki suhu udara berkisar 22-26°C dengan pH tanah 6-7. Pepaya sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang sangat sensitive terhadap hama sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra. Selain itu, menanam papaya juga haruslah di tempat yang dekat dengan air karena tumbuhan yang satu ini membutuhkan suplai air yang cukup.

Persiapan Lahan

Gemburkan lahan dengan cara mencampurkannya dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Setelah itu buatlah bedengan dengan jarak tanam ideal 2,7 meter.

Pembibitan

Pada tahap pembibitan, Anda bisa menyiapkan media penyemaian dengan komposisi 20 liter tanah, 10 liter pupuk kandang, dan 150 g NPK halus. Masukan campuran ketiga bahan tersebut ke dalam polibag berukuran 8cmx10cm dan masukan satu benih untuk satu polibag.

Penanaman

Penanaman atau pemindahan media tanam dilakukan setelah usia bibit telah mencapai usia minimal 2 minggu.

Pemeliharaan

Anda harus rajin-rajin menyiram tanaman papaya yang telah Anda pindahkan dari polibag ke media tanam yang telah disiapkan. Selain itu, pemberian pupuk juga sangat dibutuhkan, terutama jika usia tanaman papaya sudah mencapai umur satu bulan.

Penyemprotan hama bisa dilakukan untuk mencegah berbagai hama yang biasa menyerang papaya seperti hama kutu, hama serbuk dan lain lain.

 

Sumber:  https://lahan.co.id/