Pengertian Harga dan Jumlah Keseimbangan dalam Ekonomi

Pengertian Harga dan Jumlah Keseimbangan dalam Ekonomi

Pengertian Harga dan Jumlah Keseimbangan dalam Ekonomi

Pada fenomena sehari-hari dalam kehidupan manusia

umumnya ketika seseorang membeli barang atau menggunakan jasa seseorang yang diinginkan,maka pembeli atau konsumen lebih suka membayar dengan  harga lebih yang murah. Sedangkan penjual atau produsen lebih suka menjual barang dengan harga yang lebih tinggi, karena dengan harga yang tinggi akan meningkatkan laba atau penghasilan penjual atau produsen. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis bertanya pada saudara apakah keinginan yang berbeda antara keinginan pembeli (menginginkan harga barang yang relatif murah) dan keinginan penjual (menginginkan barang yang dijual dengan harga yang tinggi) dapat  saling bertemu?

Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut maka penulis paparkan tentang proses terbentuknya harga keseimbangan, selengkapnya adalah sebagai berikut:

Pada awalnya

ketika harga suatu barang dalam tingkatan rendah (murah), pembeli akan menambah permintaan terhadap barang tersebut, sedangkan penjual akan mengurangi penawaran barang atau jasanya, sehingga barang dan jasa jumlahnya sedikit. Karena jumlah barang dan jasa yang ditawarkan sedikit maka barang dan jasa susah diperoleh. Hal ini otomatis akan mendorong harga menjadi naik. Harga yang naik akan mengurangi permintaan, dan di sisi lain akan menambah penawaran. Hal yang demikian terjadi secara terus-menerus, sehingga suatu saat pada harga tertentu,  jumlah yang diminta (permintaan) sama persis dengan jumlah yang ditawarkan (penawaran). Harga yang terjadi saat jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan disebut harga keseimbangan atau harga pasar. Dengan demikian pengertian harga keseimbangan adalah harga yang terjadi ketika jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta. Sedangkan jumlah keseimbangan adalah jumlah barang ketika terjadi harga keseimbangan.

Apabila dilihat dari grafik atau kurva

maka harga keseimbangan akan terjadi pada saat kurva permintaan berpotongan dengan kurva penawaran. Titik perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran ini disebut dengan titik keseimbangan atau equilibrium yang diberi simbol huruf E, sedangkan harga yang terjadi pada titik keseimbangan inilah yang disebut harga keseimbangan. Dengan demikian, maka harga keseimbangan atau harga pasar dapat diartikan sebagai harga yang terbentuk dari titik perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran. Untuk memahami tentang kurva harga keseimbangan maka disarankan kepada saudara untuk memahami artikel berikutnya tentang cara menggambar kurva keseimbangan.


Baca Artikel Lainnya: