Pembinaan Penulisan dan Pengarsipan Surat PKM Unswagati Cirebon

Pembinaan Penulisan dan Pengarsipan Surat PKM Unswagati Cirebon

Pembinaan Penulisan dan Pengarsipan Surat PKM Unswagati Cirebon

Sejumlah perangkat desa, badan usaha milik desa (bumdes), beserta Lembaga Musyawarah Desa (LMD) Mandala mendapatkan pengetahuan serta pemahaman tentang penulisan dan pengarsipan surat-menyurat dari TIM Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Swadaya Gunung Djati (Unswagati) Cirebon, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di Balai Desa Mandala.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tata penulisan dan pengarsipan, serta penggunaan tata Bahasa Indonesia dalam proses pembuatan surat resmi di lingkungan Pemerintahan Desa (Pemdes) Mandala, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, kegiatan PKM merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi,

yaitu Pendidikan, Penelitian, serta Pengabdian kepada masyarakat. Para pelaksanaan kegiatan PKM, di antaranya Jimat Susilo MPd sebagai Ketua Pelaksana, Prof Dr H Abdul Rozak MPd, Tri Pujiatna MPd, dan Siska Frimasari MSi memaparkan bahwa dalam proses pembuatan surat harus mengacu pada standar bentuk surat Indonesia.

Selain itu, di samping format surat Indonesia, penggunaan tata bahasa yang digunakan tidak kalah pentingnya mengingat surat merupakan komunikasi tulis, oleh karena itu bahasa yang digunakan harus tepat dan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Hal ini agar ilmu yang kita miliki dapat bermanfaat, maka perlu diadakan kegiatan seperti ini.

Berbagi ilmu merupakan salah satu ladang amal, sehingga ilmu yang kita miliki tidak hanya untuk diri sendiri saja, tetapi juga bagaimana masyarakat dapat merasakan bahwa ilmu merupakan hal yang penting. Melalui program ini, Unswagati berusaha untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga keberadaannya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan bangsa,  khususnya bagi masyarakat Ciayumakuning.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatann Tridarma Pergurua Tinggi. Kegiatan ini akan dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu dalam penataan administrasi di Desa Mandala,” ujar Jimat Susilo, Ketua Tim PKM Unswagati Cirebon kepada Reaksi, Jumat (9/11/2018).

Dengan demikian, berdasarkan hasil temuan penggunaan format surat dan tata bahasa Indonesia dalam penulisan surat resmi belum mengacu pada format surat Indonesia dan tata Bahasa Indonesia yang tepat.

“Masih banyak penggunaan bahasa yang belum efektif. Melalui kegiatan ini diharapkan

kemampuan perangkat desa, bumdes, serta LMD dalam proses penulisan serta pengarsipan dapat meningkat. Selama kegiatan ini berlangsung para peserta baru menyadari bahwa format dan bahasa yang digunakan belum sesuai dengan aturan. Pengetahuan para peserta mulai terbuka dan akan memerbaiki kekeliruan yang dalam penulisan surat di lingkungan Pemdes Mandala,” tuturnya.

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/