IDC: Alibaba Cloud Tingkatkan Konsolidasi Pusat Data Lokal

IDC: Alibaba Cloud Tingkatkan Konsolidasi Pusat Data Lokal

IDC Alibaba Cloud Tingkatkan Konsolidasi Pusat Data Lokal

Dengan adanya peluncuran Alibaba Cloud di Indonesia bisa meningkatkan konsolidasi

dan migrasi pusat data (data center), menurut lembaga riset IDC.

Peluncuran pusat data baru di Indonesia ini menunjukan adanya pergeseran yang cukup luas pada prioritas bisnis yang mendorong perusahaan lokal untuk mengadopsi strategi multi-cloud. Oleh karena itu, permintaan akan layanan infrastruktur akan meningkat seiring dengan banyaknya perusahaan di Indonesia yang berinvestasi dalam perjalanan transformasi digital (DX).

IDC memperkirakan ekspansi Alibaba di Indonesia akan berpotensi menciptakan peluang pertumbuhan baru bagi perusahaan lokal karena peningkatan pusat data di Indonesia akan mengatasi permintaan komputasi awan yang cost-effective dan scalable dan memberikan pilihan bagi perusahaan di Indonesia untuk membangun bisnis dan beban kerja secara lokal.

Selain itu, kehadiran penyedia layanan komputasi awan global di pasar lokal

akan memungkinkan perusahaan untuk melihat kembali strategi pusat data mereka untuk mendapatkan manfaat dari pusat data hyper-converged dan hyper-scale tanpa mengkhawatirkan kedaulatan data.

Indonesia telah agresif dalam pertumbuhan ekonomi, termasuk dalam inovasi dan inisiatif digital di seluruh wilayah. Potensi negara ini telah menarik usaha digital dan mengarah pada pembentukan perusahaan digital yang menumbuhkan bisnis serta konsumsi di Indonesia.

Berdasarkan penelitian terbaru IDC, ada sekitar 80% perusahaan yang saat ini

menganggap DX sebagai strategi inti, sementara sisanya mengakui pentingnya menciptakan DX di masa depan. Sementara Analytics dan Cloud dianggap sebagai teknologi inti, teknologi baru seperti Artificial Intelligence, Machine Learning dan Internet of Things (IoT) adalah kapabilitas eksplorasi utama yang akan ditingkatkan oleh perusahaan di Indonesia.

 

Sumber :

https://www.quibblo.com/story/DCkd-7zc/Review-Titanium-Backup-Pro