Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing Anggora

1. Berat kucing Angora

Biasanya Kucing Anggora dewasa berjenis kelamin Jantan memiliki berat hingga 4,5kg. sedangkan untuk kucing betina dewasa memiliki berat 3-4kg.  Jika dirumah anda memiliki kucing anggora sebaiknya  jangan sampai anda memberinya makanan berlebih. karna jika kucing anda terlalu gemuk itu akan mempengaruhi ketangkasan, terutama bagi anda yang tinggal di apartemen yang tidak terlalu luas. mereka hanya mendapatkan area kecil untuk beraktivitas seperti berlari-lari, melompat-lompat ataupun latihan apapun. jadi jika anda  memberikan makanannya secara berlebih atau tidak sesuai yang direkomendasikan utuk usia kucing anda, beratnya bisa melebihi normal dan menyebabkan obesitas. Yah walaupun kucing yang gemuk itu lucunya nambah (saya juga ngerti). tapi ini akan mempengaruhi kelangsungan hidup mereka, jadi tetap dijaga ya takaran makannya.
satu lagi nih, kebiasaan memberikan makanan yang biasa kita konsumsi juga seharusnya dihindari. misalnya kita lagi makan terus karna ngeliat kucing kita memohon untuk dibagi biasanya kita suka langsung memberinya. sebaiknya jangan lakukan itu. apalagi makanannya mengandung lemak, gula dan bawang putih. tetap tegas ya sama anaknya haha.

2. Bulu

Bulu adalah salahsatu ciri khas dari kucing anggora yang sangat mencolok. merawat bulunya adalah salahsatu yang harus dilakukan setiap hari. karena bulu juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hiidup mereka. Menyikat bulunya setiap hari menggunakan sisir khusus untuk jenis kucing yang anda miliki.
Menyisir bulu kucing anggora bukan hanya mencegah kusut., tapi juga membersihkan, dan mencegah bulu yang sudah rontok tertelan oleh kucing saat membersihkan tubuhnya sendiri, dan juga mencegah hairballs yang sering membentuk di bagian perut kucing.

3. Kesehatan kucing Anda

Ingatlah kesehatan amat sangat penting bagi hewan peliharaan anda. Perlakuan ini seperti memiliki bayi, memerlukan vaksin dan harus rutin mengunjungi dokter hewan untuk menjaga dan mengontrol kesehatan kucing anda. Ada beberapa vaksin yang biasa diberikan pada kucing seperti feline leukemia dan rabies serta pengobatan deworming (terutama bagi yang baru lahir beberapa minggu). Ada juga cara untuk mengusir kutu dengan semprotan atau bahan lainnya, yang jelas harus tetap berkonsultasi pada dokter hewan untuk memastikan kalu kucing anda tidak menelan atau menjilat bahan itu.  seperti yang anda tau kucing sangat suka menjilati tubuhnya, jadi jangan sampai dia menjilat bahan-bahan kimia yang sudah dibaerikan.

4. Cinta

Cara merawat kucing anggora yang paling umum adalah tentang cinta. buatlah hewan peliharaan anda sebagian dari keluarga besar anda, perlakukan mereka seperti seorang orangtua yang membesarkan anaknya. Kucing sangatlah manja dan akan meminta perhatian lebih dari anda. Oleh karena itu, memiliki hewan peliharaan seperti kucing harus benar benar konsisten, atau bisa dibilang harus mengabdi unutk hewan peliharaan kita.
Ini hanyalah Ilmu yang saya rangkum dari berbagai sumber, jika anda ingin tips yang lebih detail saya sarankan anda mengunjungi dokter hewan secara langsung, agar tidak ada kekeliruan dalam cara merawat kucing anggora anda.