7 Faktor Pendorong Terjadinya Globalisasi

7 Faktor Pendorong Terjadinya Globalisasi

Faktor Pendorong Terjadinya Globalisasi

Pengertian Globalisasi

Secara sederhana, globalisasi dapat diartikan sebagai peristiwa semakin kaburnya batas-batas antar negara dalam menjalin hubungan. Setelah kemarin kita sudah membahas tentang pengertian, faktor penyebab, dan dampak dari globalisasi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas faktor pendorong terjadinya globalisasi. Berikut adalah penjelasannya.

1. Kemajuan dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Salah satu faktor utama pendorong terjadinya globalisasi adalah kemajuan sains dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat terutama dalam bidan telekomunikasi dan transportasi pada beberapa dekade terakhir. Kemajuan ini menyebabkan jarak antar individu semakin dekat yang mana orang bisa berkomunikasi dengan oran lain dengan jarak yang cukup jauh tanpa memakan banyak waktu.

2. Kemajuan dalam Transportasi.

Seperti yang dijelaskan di atas, berkembagnya transportasi adalah salah satu hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan sistem transportasi di dunia yang membuat globalisasi semakin terasa. Dahulu dari satu tempat ke tempat lain butuh waktu lama dalam perjalanan karena hanya dengan kendaraan seperti kuda, kuda, unta, dan lain-lain. Tapi hari ini ada kendaraan cepat seperti pesawat terbang dan kereta super cepat.

3. Sistem Ekonomi Terbuka.

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa sistem ekonomi yang diadopsi oleh mayoritas negara saat ini adalah sistem ekonomi terbuka sehingga satu negara bekerjasama dengan negara lain dalam berbagai bidang seperti ekonomi. Dari sistem ekonomi terbuka tersebut dapat mendorong terjadinya globalisasi dimana kerjasama dalam bidang ekspor-impor antar dua negara atau lebih semakin marak.

4. Adanya Perdagangan Bebas

Masih inline dengan penjelasan di atas, munculnya perdagangan bebas juga mendorong terjadinya globalisasi. Perdagangan bebas merupakan sistem dimana negara yang menandatangani perjanjian perdagangan bebas, bebas untuk melakukan perdagangan di negara anggota lain tanpa dengan biaya yang lebih murah dan dipermudah. Hal tersebut dapat memperkuat timbulnya globalisasi.

5. Sistem Keuangan Internasional Liberal

Faktor lainnya yang dapat mendorong terjadinya globalisasi adalah liberalisasi sistem keuangan global. Hampir setiap negara bahkan memiliki setiap ketergantungan terhadap sistem keuangan global yang ada. Salah satunya adalah Indonesia yang membutuhkan dana atau modal investasi dari lembaga keuangan dunia atau negara lain.

6. Kemudahan dalam Migrasi

Saat ini semakin banyak orang bermigrasi atau berpindah dari satu negara ke negara lain dengan berbagai keperluan seperti untuk pekerjaan, belajar, pariwisata, dan berbagai keperluan lainnya. Inilah yang membuat orang-orang yang berada di wilayah sudah mengenal migran yang datang dari daerah lain seperti Bali dengan turis internasional.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/