6 Aplikasi untuk Cek Gempa Hari Ini, Download Gratis di Play Store

6 Aplikasi untuk Cek Gempa Hari Ini, Download Gratis di Play Store

 

6 Aplikasi untuk Cek Gempa Hari Ini, Download Gratis di Play Store

6 Aplikasi untuk Cek Gempa Hari Ini, Download Gratis di Play Store

Indonesia kembali diguncang gempa berkekuatan magnitudo 4,9 pada 21 Februari 2020 di Tasikmalaya, Jawa Barat. Menurut BMKG, gempa tersebut terjadi pada pukul 07.57 WIB yang disebabkan oleh aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Melihat kejadian tersebut, masyarakat tentu tetap terus waspada dan siaga terhadap bencana gempa. Sebab, sebagaimana diketahui bahwa gempa bumi bukanlah bencana yang dapat diprediksi.

Untuk mendeteksi gempa bumi dan tsunami, BMKG memiliki 33 stasiun geofisika di seluruh Indonesia. BMKG juga memiliki 285 alat untuk memonitor gempa antara lain seismometer. Hal ini dilakukan agar dapat mendeteksi titik gempa berasal

Selain melalui informasi dari BMKG, cek gempa hari ini dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang dapat di-download secara gratis di Google Play Store. Berikut daftar aplikasi yang dapat membantu menunjukkan titik lokasi gempa.

1. Info BMKG

Info BMKG adalah aplikasi resmi dari BMKG. Menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melihat informasi mengenai informasi cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini memberikan notifikasi mengenai siaran pers dari BMKG dan juga informasi terkini.

2. Magma Indonesia

Magma Indonesia adalah aplikasi buatan Tim Developer PNS di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementrian ESDM. Aplikasi ini menyajikan informasi mengenai gejala bencana geologi termasuk gunung api, gerakan tanah, gempa bumi dan tsunami. Tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, aplikasi ini juga melayani masyarakat Internasional.

3. WRS-BMKG

Tujuan dari kehadiran aplikasi ini adalah menyebarluaskan informasi gempa bumi dengan magnitudo lebih dari 5. Selain itu, aplikasi ini juga menunjukkan informasi mengenai tsunami yang terjadi khususnya di wilayah Indonesia. Aplikasi ini disediakan bagi stakeholder BMKG seperti BNPB, BPBD, Pemerintah Daerah, media radio, media televisi, TNI, POLRI, Kementrian/Lembaga Negara lain, dan pihak swasta.

4. Info Gempa Bumi

Aplikasi ini digunakan sebagai alternatif untuk mendapatkan informasi mengenai data gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia. Adanya aplikasi ini, diharapkan dapat menambah kewaspadaan masyarakat akan terjadinya gempa bumi.

5. Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca

Aplikasi ini membantu pengguna untuk memantau titik lokasi gempa bumi yang terjadi dan memberikan informasi cuaca terkini. Informasi gempa yang didapatkan berasal dari widget EMSC dan BMKG dan data cuaca bersumber dari Yahoo Weather.

6. Info Gempa Bumi Terkini

Info Gempa Bumi Terkini adalah aplikasi layanan masyarakat agar mereka dapat mengetahui informasi waktu, lokasi dan wilayah yang mengalami gempa bumi secara langsung. Selain itu, aplikasi ini dapat menjelaskan jarak lokasi gempa bumi dengan jarak lokasi pengguna. Aplikasi ini juga dilengkapi alarm peringatan tsunami dari BMKG langsung.

Baca Juga: