4 pelajaran penting yang saya pelajari dari perjalanan penggalangan dana Seri A saya

4 pelajaran penting yang saya bahas dari perjalanan penggalangan dana Seri A saya

 

4 pelajaran penting yang saya pelajari dari perjalanan penggalangan dana Seri A saya

4 pelajaran penting yang saya pelajari dari perjalanan penggalangan dana Seri A saya

Memulai perjalanan penggalangan dana Anda adalah proses yang menggembirakan. Anda telah mengasuh perusahaan, menempatkan tim kepemimpinan yang tepat, dan menghabiskan banyak waktu untuk memastikan perusahaan Anda akan berhasil. Tetapi ketika perusahaan itu tumbuh, ada saatnya ketika setiap CEO bertanya-tanya apakah sudah waktunya untuk mencari pendanaan dari luar.

Proses penggalangan dana, tanpa pertanyaan, menakutkan. Bagaimana jika Anda tidak mendapatkan penilaian yang Anda harapkan? Apa rahasia dari geladak nada yang sempurna? Dan bagaimana Anda bisa yakin telah menemukan pasangan Anda?

Tahun lalu saya mengalami proses pemikiran yang sama persis. Perusahaan tumbuh sangat cepat, tetapi tim kepemimpinan kami tahu bahwa untuk memanfaatkan pasar, kami membutuhkan suntikan modal untuk skala secepat mungkin. Jadi kami langsung masuk dan menghabiskan beberapa bulan ke depan melakukan pertemuan dengan VC paling terkemuka di seluruh negeri.

Kami tahu waktunya tepat, dan saya yakin dengan kemampuan perusahaan kami untuk berhasil, tetapi sebagian kecil dari saya bertanya-tanya bagaimana pertemuan akan berlangsung. Bukan rahasia lagi bahwa startup yang didirikan oleh wanita yang tidak fokus pada pelanggan wanita telah mendapatkan kurang dari 2% dari dolar investasi VC sejak 2014.

Terlepas dari kemungkinannya, kami mengangkat salah satu putaran pendanaan Seri A terbesar yang dipimpin oleh seorang pendiri perempuan. Insight Partners adalah investor utama. Itu cocok secara alami – mereka memahami industri kami dan kami berbagi tujuan dan nilai yang sama. Tetapi saya belajar banyak di sepanjang jalan.

Saya telah mensintesiskan saran saya untuk pengusaha lain tentang memulai perjalanan penggalangan dana pertama mereka. Saya berharap pelajaran yang saya peroleh akan bermanfaat, dan mungkin mencegah satu atau dua cegukan di sepanjang jalan.

Jangan terlalu menikah dengan rencana Anda sehingga Anda mengabaikan nasihat berharga
Anda telah mengembangkan strategi Anda, menginvestasikan waktu dan energi ke dalam proses penggalangan dana dan Anda berkomitmen untuk membawa rencana Anda membuahkan hasil. Tetapi tolak dorongan untuk melihatnya dengan tenang jika itu berarti Anda mengabaikan nasihat yang masuk akal yang dapat membuat perusahaan Anda semakin sukses di masa depan.

Pada tahun 2018 kami baru saja memutar Contentstack dari Built.io dan sedang mencari pendanaan Seri A. Tetapi meskipun memiliki daya tarik pelanggan yang kuat sebelum restrukturisasi, kami masih dipandang sebagai perusahaan baru yang belum terbukti.

Beberapa firma VC seri akhir yang terkemuka memberi kami saran untuk mendapatkan daya tarik lebih lanjut dan kemudian kembali. Kami menggeser niat kami untuk meningkatkan Seri A dengan melakukan putaran benih yang cukup besar. Ini memberi kami landasan tambahan yang diperlukan untuk meningkatkan putaran Seri A yang jauh lebih signifikan hanya satu tahun kemudian.

Referensi pelanggan sangat berharga – tahan dekat
Kami telah bekerja dengan tekun untuk memupuk hubungan yang kuat dengan pelanggan kami, menyadari bahwa mereka adalah sumber kehidupan organisasi mana pun. Jadi, selama proses penggalangan dana, saya beruntung memiliki pelanggan yang stabil yang bersedia berbicara dengan investor atas nama kami.

Sementara validasi pihak ketiga sangat kuat, dalam retrospeksi saya berharap saya akan memiliki referensi ini sedikit lebih dekat ke rompi. Referensi adalah orang-orang sibuk yang memiliki kehidupan mereka sendiri untuk fokus dan tidak boleh dipanggil lebih dari yang diperlukan. Lain kali, saya akan meminta investor untuk lebih lanjut dalam proses ketekunan mereka sendiri sebelum menghubungkan mereka dengan referensi kami – dan saya sarankan Anda melakukan hal yang sama.

Lihat proses penggalangan dana seperti kencan

Jangan terlalu cepat menggesek ke kanan. Lakukan due diligence Anda pada investor di sepanjang jalan. Bicaralah dengan pemimpin perusahaan portofolio lain tentang perusahaan dan, khususnya, mitra yang mungkin menjadi bagian dari dewan Anda. Pastikan anggota dewan adalah seseorang yang bisa Anda jalin hubungan jangka panjang.

Selama perjalanan ini, saya bisa mengerti bahwa berkecil hati itu mudah ketika Anda mencari untuk menemukan mitra VC, tetapi mengubah perspektif Anda mungkin membuat prosesnya sedikit kurang stres. Miliki daftar atribut yang Anda cari – kami sedang mencari mitra VC dengan reputasi yang baik, jangkauan multi-tahap, sumber daya untuk membantu kami mengembangkan dan meningkatkan skala bisnis, dan untuk mitra dewan khusus di mana kami dapat melihat diri kami menyelesaikan kesulitan masalah bersama.

Maka Anda memiliki “kencan” pertama Anda dan satu pihak mungkin berpikir itu berjalan dengan baik dan yang

lainnya tidak. Itu bisa jadi kencan terakhir, atau bisa jadi cukup baik bagi kedua pihak untuk bertemu lagi. Kemudian Anda mulai membangun keterikatan atau menginvestasikan waktu ke dalam hubungan.

Ketika tidak berhasil, Anda berurusan dengan semua pertanyaan normal seperti “Apakah itu saya?” atau “Apakah

itu sesuatu yang saya katakan?” atau “Apa yang bisa saya lakukan secara berbeda?” Anda mungkin akan mendengar ungkapan yang ditakuti “Bukan kamu, ini kami” selama percakapan ini. Keterampilan penting dalam proses ini adalah menerima penolakan dan menerima bahwa sesuatu mungkin terlihat bagus di atas kertas tetapi, pada kenyataannya, tidak cocok.

Fokus pada daftar “must-have” Anda di mitra VC Anda
Rampingkan proses penggalangan dana. Pertama, buat daftar kandidat VC top 10-20 ideal Anda. Tetapi mulailah melempar dari bawah daftar Anda ke atas sehingga Anda mendapat kesempatan untuk mengatasi keberatan dan mengerjakan pertanyaan-pertanyaan sulit sebelumnya, sebelum sampai ke kandidat teratas Anda.

Sebelum pertemuan pertama Anda, pastikan Anda telah memutuskan hasil impian Anda: jumlah putaran, detail

komposisi papan, dan penilaian yang Anda inginkan. Ini akan membantu untuk lebih cepat menyingkirkan pemain yang mungkin tidak cocok.

Pada akhirnya, perjalanan penggalangan dana Anda persis seperti itu. Milikmu. Anda mungkin mendapatkan banyak saran yang bertentangan, dibandingkan dengan metrik dan pola dari perusahaan yang berbeda dan kemungkinan membebani tim Anda, pelanggan, dan mitra dengan proses tersebut. Tetapi ketika lembar istilah datang dan keputusan dibuat, perjalanan akan bernilai tantangan.

Baca Juga: