3 Penyebab Utama Terjadinya Globalisasi

3 Penyebab Utama Terjadinya Globalisasi

Penyebab Utama Terjadinya Globalisasi

Pengertian Globalisasi ~ Tahukah Anda jika globalisasi tidak terjadi begitu saja. Ada banyak hal yang menyebabkan globalisasi. Banyak ahli menghubungkan globalisasi dengan meningkatnya komunikasi, transportasi dan teknologi informasi. Berikut kami hadirkan penjelasan mengapa komunikasi, transportasi dan teknologi informasi berperan penting sehingga terjadinya globalisasi.

1. Komunikasi

Dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, biaya produksi bisa turun hingga 90%. Biaya perbankan menurun seiring dengan banyaknya transaksi yang menggunakan komputer secara online dengan memanfaatkan koneksi internet. Di zaman sekarang ini, komputer bukan barang asing lagi karena sudah banyak orang yang memiliki komputer. Harga komputer menurun sehingga siapapun bisa membelinya.

Lalu, saat ini sudah banyak ditemukan warung internet dimana-mana sehingga siapapun bisa menggunakan komputer dengan akses internet dengan mudah. Lalu, kini semakin banyak jenis perangkat komunikasi. Jika orang biasa hanya mengenal komunikasi lewat surat, sekarang tersedia hp, email, fax, dan lain-lain. Dengan begitu, orang bisa tetap berhubungan dengan mudah bahkan di tempat yang berbeda. Karyawan bisa terhubung dengan atasan mereka dan setiap orang bisa terhubung dengan teman, atau keluarga kapan saja kapanpun bahkan selama 24 jam.

Seiring kemajuan komunikasi, jangan heran jika nasabah bank asal Inggris akan menelepon banknya, dia akan dihubungkan dengan pegawai bank di India. Ini karena mempekerjakan orang India lebih murah daripada menelepon ke India.

Kemajuan komunikasi juga membuat lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan berita yang dapat mempengaruhi keputusan kita. Satelit adalah hal yang sangat penting karena membuat mampu memahami berita yang ada di mancanegara seperti perang di negara lain. Jika berita dulu didapat dalam waktu yang lama bahkan berminggu-minggu, sekarang berita bisa didapat dalam hitungan detik. Semua itu karena internet. Kehadiran acara di luar negeri bisa mempengaruhi keputusan pebisnis yang berkecimpung di dunia internasional. Misalnya, seorang pengusaha tekstil internasional yang memiliki bisnis pabrik tekstil di Irak, selama perang di Irak, dia dapat menarik karyawannya keluar dari Irak dan segera menghentikan operasinya.

2. Transportasi

Jenis transportasi yang ada di jaman purba adalah jenis gerobak kuda, kuda dan kereta. Karena itu, hubungan antar manusia sangat terbatas dan berita bisa sampai berbulan-bulan. Lalu, alat transportasi berkembang sampai ada banyak jenis transportasi yang bisa ditemukan sekarang mulai dari jenis sepeda, mobil, motor, kereta api dan bahkan pesawat terbang. Dengan kemajuan alat komunikasi, mobilitas manusia semakin cepat dan tak terbatas. Maka tak heran jika ada pengusaha yang mengendarai pesawat terbang di seluruh dunia untuk memulai bisnis. Bisa jadi pagi ini dia berada di Singapura, siangnya di jakarta dan siang atau malam hari di indonesia. Hal ini bisa terjadi karena semakin mudah transportasi sehingga manusia bisa berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain.

Karena itu tidak mengherankan jika banyak perusahaan berani membuat pabrik di luar negeri. Misalnya, Toyota akan membangun pabrik terbesar di Purwakarta. Perusahaan internasional elextronics internasional dari Amerika Serikat membangun pabrik di Meksiko, biaya transportasi murah di Meksiko membuat Flextronik melirik sekilas Meksiko sebagai tempat yang tepat.

3. Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi juga mendorong globalisasi. Dengan internet, perusahaan bisa mengurangi biaya produksi. Dengan internet, orang tidak perlu tatap muka melakukan transaksi, ini membuat biaya perjalanan dan akomodasi bisa berkurang. Selain itu, bertransaksi melalui internet juga menghemat waktu dan tenaga.

 

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/